Dari semua media komunikasi non-verbal, warna menjadi metode yang paling cepat memberikan kesan, menyampaikan pesan, dan mengekspresikan makna. Dalam dunia bisnis, warna pada brand usaha sering dianggap sebagai "the silent salesperson" yang mampu menarik minat para konsumen. Oleh karena itu, pemilihan warna untuk memvisualisasikan bisnis anda hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan, karena jika kurang tepat memilih warna, maka bisnis anda kemungkinan memiliki kinerja yang tidak optimal.
Berdasarkan rangkuman dari Columnfivemedia.com, diperoleh berbagai data menarik tentang pemilihan warna dalam dunia bisnis. Berbagai riset study menunjukkan bahwa warna sebuah produk memberi pengaruh 60 sampai 80% terhadap keputusan konsumen untuk membelinya. Berdasarkan study yang mensurvey 100 Top Brands, diperoleh fakta bahwa warna favorit yang paling banyak digunakan perusahaan adalah warna biru, sebanyak 33%. Sementara warna lain yang banyak dipakai sebagai warna utama perusahaan antara lain: merah 29%, hitam abu-abu 28%, dan kuning 13%. Kemudian 95% perusahaan lebih memilih menggunakan satu hingga dua warna, sementara 5% menggunakan lebih dari dua kombinasi warna.
Lalu, apa warna yang cocok untuk binsis anda?
Secara umum, pemilihan warna disesuaikan jenis usaha yang dilakoni. Bahkan ilmu Fengshui pun menyarankan hal tersebut. Setiap warna memunculkan pengaruh dan respon yang berbeda dari manusia. Secara garis besar, warna dapat dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu warm color (warna panas) yang diasosiasikan sebagai energi dan cold color (warna dingin) yang dianggap memiliki aura ketenangan dan keamanan. Yang termasuk warm color adalah merah, kuning, orange, dan hitam. Sedangkan cold color terdiri dari warna putih, coklat, hijau, biru, dan ungu.
Jadi, warna apa yang sesuai untuk usaha saya?
Oke, sebelum anda mengetahui hal tersebut, silahkan kategorikan jenis usaha anda dalam salah satu kelompok industri berikut, apakah termasuk: usaha bidang energi, keuangan, airlines (penerbangan), makanan, properti, teknologi, kesehatan, fashion, transportasi darat, atau agrikultur (pertanian). Jika anda sudah menemukan kategori usaha yang sesuai, silahkan lihat tabel berikut untuk menemukan warna yang pas:
PILIHAN WARNA
|
COCOK (POPULER)
|
MERAGUKAN
|
KURANG COCOK
(TIDAK POPULER)
|
MERAH
Sifat: agresif, energik, provokatif, menarik perhatian.
|
Usaha makanan, bisnis teknologi, transportasi, agrikultur
|
Bisnis perumahan (properti), bisnis kesehatan
|
Bisnis energi, keuangan, dirgantara (airlines), dan fashion
|
UNGU
Sifat: mewah, gelamor, canggih, nostalgia, misteri, dan spirituality
|
Bisnis keuangan, teknologi, dan kesehatan
|
Bisnis dirgantara, fashion, kuliner, properti, dan transportasi
|
Bisnis energi dan pertanian
|
BIRU
Sifat: terpercaya, teguh, terjamin, bertanggung jawab
|
Bisnis energi, keuangan, dirgantara, teknologi, kesehatan, dan agrikultur
|
Properti
|
Fashion, usaha kuliner, dan bisnis transportasi
|
HIJAU
Sifat: kemakmuran, kesehatan, berwibawa, dan tenang
|
Bisnis energi, usaha makanan, kesehatan, agrikultur, perumahan
|
Keuangan dan teknologi
|
Bisnis dirgantara, bisnis fashion, dan transportasi
|
KUNING
Sifat: positif, motivatif, kreatif, hangat, dan cerah
|
Bisnis energi, bisnis makanan, dan properti
|
Usaha kesehatan dan pertanian
|
Bisnis keuangan, dirgantara, fashion, transportasi, dan teknologi
|
ORANGE
Sifat: penuh vitalitas, keceriaan, humoris, dan fun,
|
Bisnis teknologi dan kesehatan
|
Usaha kuliner, properti, dan agrikultur
|
Bisnis keuangan, industri bidang energi, airplanes, transportasi, dan fashion
|
COKLAT
Sifat: membumi, natural, kesederhanaan, dan tahan lama
|
Bisnis fashion, transportasi, dan agrikultur
|
Bisnis energi, kuliner, properti, dan kesehatan
|
Bisnis Keuangan, dirgantara, dan teknologi
|
HITAM
Sifat: prestise, berharga, keabadian, kecanggihan
|
Industri fashion, teknologi, dan transportasi
|
Bisnis properti dan agrikultur
|
Bisnis energi, keuangan, dirgantara, bisnis kesehatan, dan makanan
|
PUTIH
Sifat: suci, mulia, bersih, dan lembut
|
Bisnis fashion dan kesehatan
|
Bisnis energi, dirgantara, teknologi, properti, transportasi, dan agriculture
|
Bisnis keuangan (financial) dan usaha makanan
|
Demikian sekilas gambaran tentang pilihan warna untuk usaha anda. Semoga dapat sedikit menambah wawasan bisnis anda.
Salam kerja & usaha!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar